Kamis, 09 Maret 2017

Cara Membuat Kue Awug-awug Khas Bandung Isi Gula Merah Enak Legit 😋


ResepDapurAndalan - Kue awug-awug merupakan salah satu jajanan tradisional yang berasal dari kota Bandung. Kue ini terbuat dari tepung terigu, kelapa parut, gula merah dan bahan-bahan lain. Kemudian adonan tersebut dibungkus daun pisang dan dikukus hingga matang.

Kue awug-awug khas Bandung ini tergolong ke dalam kategori kue basah yang memiliki rasa yang enak dengan teskturnya yang lembut. Isian gula jawa atau gula merah didalamnya menciptakan rasa yang manis dan legit yang pas. Tak salah lagi jika kue awug-awug menjadi salah satu kue kebanggaan kota Bandung setelah peyeum, keripik pedas, cilok, Batagor, Seblak, cireng, siomay dan lain sebagainya.


Pada umumnya kue awug-awug memang terkenal dengan isi gula merah dan berbahan dasar tepung terigu. Namun kini resep kue awug-awug memiliki beberapa kreasinya mulai dari kue awug-awug ubi, kue awug-awug sagu mutiara dan kue awug-awug bihun nenas. Rasanya yang enak membuat kue ini cocok disajikan untuk camilan keluarga yang murah meriah, kudapan arisan, pengajian dan isian snack box.

Untuk satu bungkus kue awug-awug biasanya di hargai sekitar Rp 5.000- dengan isi 5-6 buah yang di bungkus dalam dus yang dialasi dengan daun pisang. Harga kue awug-awug memang terbilang murah, namun tidak ada salahnya jika kali ini anda mencoba membuatnya sendiri di rumah. Karena selain mudah dibuat, bahan-bahan yang dibutuhkan juga terjangkau dimana-dimana dengan harga yang cukup ekonomis.

Dengan membuatnya sendiri di rumah, anda dapat mengkreasikan kue awug-awug dengan isian sesuai selera misal ditambahakn potongan pisang atau buah nangka kuning. selain itu kebersihan dalam membuatnya pun lebih terjamin sehingga keluarga bisa lebih tenang untuk menyantapnya. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Kue Awug-awug nya. Mari disimak ??
  •  Kelapa parut 200 gram
  • Tepung beras 150 gram
  • Air secukupnya
  • Gula merah potong kotak kecil 150 gram
  • Garam 1/4 sdt
  • Vanilli 1/4 sdt
  • Gula pasir 100 gram

LANGKAH MEMBUAT KUE AWUG :

  • Campur semua bahan lalu beri air sedikit saja sambil di aduk-aduk.
    Buat corong dari daun masukkan satu sendok makan adonan lalu masukkan gula merah, tutup kembali dengan adonan, masukkan lagi gula merah dan tutup lagi dengan adonan.
    Bentuk kerucut adonan dan sematkan dengan lidi lalu kukus selama 30 menit.
    Setelah matang angkat dan sajikan.
    Bagaimana bahan-bahan dan cara membuat resep kue awug-awug ini, cukup mudah bukan? Sekarang sudah tidak bingung lagi dong ya kalau ada arisan di rumah atau acara special lainnya. Bikin kue awug-awug khas Bandung saja, rasanya yang lembut serta isiannya yang manis legit pantas disajikan untuk camilan atau kudapan saat acara special anda.

    Jika dilihat dari bentuknya, kue awug-awug yang terbungkus daun pisang dan di pincuk lidi ini mirip dengan olahan kue basah tradisional lainnya. Seperti kue pipis/pepis, barangko khas bugis, Resep Bangko Kopyor Khas Gresik dan nasi tupeng (kue awug yang memiliki bentuk kerucut ). Aneka kue ini paling enak dimakan dalam kondisi masih hangat untuk menemani minum teh dan kopi ketika bersantai. Soalnya dalam panas teksturnya masih lembut dan akan sedikit mengeras atau set ketika dingin.

    Selamat mencoba dan berkreasi buntik buntik, semoga bermanfaat !!

Sumber:Bagikanresepku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar