Minggu, 09 Oktober 2016

Sering Diabaikan dan Dianggap Tanaman Liar, Tempuyang, Tanaman Seribu Manfaat, Diantaranya Untuk Obati Batu Ginjal dan Memar



ResepDapurAndalan - Tempuyang. Sekian nama tanaman yang banyak tumbuh di halaman tempat tinggal yang biasanya dikira sebagai tanaman liar. Memanglah tanaman ini gampang tumbuh di semarang tempat, di selokan, di parit, kebun kosong, pematang sawah, bahkan juga tebing- tebing.

Tanaman yang mempunyai nama latin Sonchus arvesnsis ini rasa-rasanya begitu pahit.

Daun tanaman ini mempunyai kandungan kimia ion-ion mineral diantaranya : silica, kalium, magnesium, natrium serta senyawa organic jenis flavonoid (kaemferol, luteolin-7-O-glukosida, serta apigenin-7-O-glukosida, kumarin (skepoletin), taraksasterol, inositol, dan asam fenolat (sinamat, kumarat serta vanilat). Kandungan flavonoid keseluruhan didalam daun tempuyung 0, 1044 persen.

Nah itu baru daunnya, sedang akar Tempuyang memiliki kandungan senyawa alkaloid keseluruhan lebih kurang 0, 5 persen serta flavonoid yang paling besar yaitu apigenin-7-0-glukosida.

Apigenin-7-0-glukosida yaitu satu diantara kelompok flavonoid yang memiliki potensi cukup baik untuk menghalangi kerja enzim xantin oksidasi serta superoksidase, hingga pembentukan asam urat jadi terhalang atau menyusut.

Lantaran rasa-rasanya yang pahit, mungkin saja itu sebagai argumen tanaman ini cuma diliat mata sebelah. Walau sebenarnya tanaman ini kaya faedahnya untuk kesehatan.

Diambil dari laman agrobisnisinfo. com, dengan cara tradisional tanaman ini kerap dipakai untuk menghancurkan batu ginjal, obat memar akibat benturan, menyingkirkan lesu serta pegal-pegal, sedang di Cina, daun tempuyung terkecuali sebagai obat juga digunakan sebagai insektisida.

Kekuatan dahsyat Tempuyang bukanlah mitos. Peneletian yang dikerjakan almarhum Prof. Dr. Sarjito dari Kampus Gajah Mada Yogyakarta, seperti diambil dari laman kompas. com, tanaman ini tunjukkan, kandungan kalium dalam tempuyung bisa menolong menghancurkan batu ginjal.

Riset itu dikerjakan Prof. Sarjito dengan merendam batu ginjal seorang dalam rebusan daun tempuyung pada suhu kamar serta pada suhu 30-35 derajat celsius.

Bahan percobaan tadi ada yang digoyang seperti gerakan badan manusia, ada juga yg tidak. Kemudian batu ditimbang serta kalsium dalam larutan diukur dengan cara kimia. Akhirnya, semuanya batu ginjal menyusut bobotnya.

Faedah serta Manfaat Tempuyung

Tempuyung telah di kenal mulai sejak zaman dulu lantaran kahasiatnya sebagai peluruh batu ginjal. Tumbuhan ini memiliki kandungan flavonoida, kalium, silica, alfalaktuserol, manitol, serta batalaktuserol yang menolong mengobati panas tinggi, peluruh kencing, menghancurkan peluruh gijal, menghempiskan bengkak, radang payudarah, wasir, darah tinggi, serta asam urat. Sisi paling bermanfaat pada tempuyung yaitu daunnya. Daun tempuyung rasa-rasanya pahit, namun berbentuk mendinginkan.

Manfaat Tempuyung Untuk Asam Urat

  • Penyakit yang terkait dengan asam urat di kenal dalam bhs medisnya Gout (semacam rematik). Rematik yaitu penyakit yang menyerang sendi (pertemuan tulang) serta jaringan sekitarnya.
  • Rasa nyeri yang yang diakibatkan pastinya begitu menganggu kesibukan keseharian. Persendian paling utama seperti pergelangan kaki, lutut serta pinggang merasa seperti ditusuk-tusuk. Karena itu tidak heran penanggulangan atau mencegah dengan cara medis ataupun non-medis selalu dikerjakan.


Ramuan Obat Herbal tempuyung


Cara membuat ramuan daun tempuyung untuk menangani asam urat :

  • Sejumlah 15-60 g tempuyung fresh (daun serta akar) dicuci bersih
  • Di rebus dengan 3 gelas air hingga air jadi setengahnya.
  • Sesudah dingin, disaring
  • Air rebusan tadi dibagi untuk diminum satu hari 2 kali.


Langkah bikin Ramuan Tempuyung Untuk Menghancurkan Batu ginjal

Bahan :


  • 5 lembar daun tempuyung segar
  • 5 lembar daun alpukat
  • 5 lembar daun sawi
  • 2 jari gula aren.


Langkah :


  • Bahan dicuci bersih sebelumnya digodok dengan 3 gelar air hingga tersisa 2 1/4 gelas.
  • Sesudah dingin disaring lantas diminum tiga kali, semasing 3/4 gelas.


Atau :


  • 5 lembar daun tempuyung, 6 buah jagung muda, 3 jari gula aren, dicuci bersih lantas dipotong-potong sekedarnya.
  • Lalu digodok dengan air tiga gelas sampai tersisa 2 1/4 gelas untuk diminum tiga kali satu hari, semasing 3/4 gelas


Atau mungkin dengan resep simpel :

  • 250 gr daun tempuyung kering ditambah air 250 cc air digodok untuk diminum


Nah, telah tahukan manfaat tanaman Temupyang? Mudah-mudahan berguna. Silahkan di share di fb kalian ya agar semakin banyak yang tau...





Sumber : viralsich.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar